Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia, Definisi Mobilitas Masa Depan Indonesia

Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia, Definisi Mobilitas Masa Depan Indonesia

PT Hyundai Motors Indonesia hari ini memperkenalkan IONIQ 5, mobil listrik mid-size terbaru dari Hyundai, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang diselenggarakan dari 31 Maret hingga 10 April 2022. Kehadiran IONIQ 5 ini menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. IONIQ 5 menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

SungJong Ha, President Director of PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, “Kami merasa sangat senang karena hari ini Hyundai kembali menghadirkan kebanggaan baru sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia. Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia. IONIQ 5 memiliki semua kelebihan yang selama ini diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi mutakhir, hingga kenyamanan yang maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan Indonesia.”

Ha lebih jauh lagi menambahkan, “IONIQ 5 ini menawarkan prinsip gaya hidup berkelanjutan dan pengalaman tanpa batas. Mobil listrik ini mengusung elemen yang mengangkat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi, salah satunya lewat kehadiran E-GMP yang membuat pelanggan memperoleh kenyamanan terbaik serta dukungan teknologi yang menjadikan petualangan mereka lebih berkualitas dan bermakna.”

E-GMP, Pelopor Pengembangan EV Masa Depan

Didesain khusus untuk BEV, E-GMP memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

E-GMP mengurangi kompleksitas yang ada melalui modularisasi dan standarisasi, memungkinkan pengembangan produk yang cepat dan fleksibel yang dapat digunakan di sebagian besar segmen kendaraan, seperti sedan, SUV, dan lainnya. Selain itu, pengembangan produk yang fleksibel dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan akan performa kendaraan.

E-GMP dirancang untuk meningkatan performa di kondisi tikungan dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi. Hal ini diperlukan untuk distribusi bobot yang optimal antara bagian depan dan belakang, desain ini juga memungkinkan pusat gravitasi rendah karena adanya low-mounted battery pack, dan implementasi motor listrik yang terletak di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin. Platform ini mengamankan baterai melalui struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi. Komponen baja yang dibentuk melalui proses dipanaskan yang mengelilingi struktur ini juga memberikan kekokohan ekstra. Energi kinetik saat tabrakan dapat diserap secara efisien berkat dukungan di bagian penyerapan energi pada sisi body dan sasis, jalur beban energi yang efektif, serta bagian tengah dari pack baterai yang terikat erat ke badan kendaraan.

Selain itu, dengan memperkuat struktur bagian penopang beban yang terletak di depan dasbor, Hyundai telah mampu meminimalkan dampak energi kinetik akibat tabrakan pada sistem tenaga listrik dan baterai. E-GMP memaksimalkan ruang interior melalui wheelbase yang panjang,

overhang depan dan belakang yang pendek, serta modul kokpit yang ramping. Dengan pack baterai yang tertanam di bawah lantai kabin, E-GMP menciptakan lantai kabin yang rata. Hal ini memberikan legroom yang lebih luas untuk penumpang sekaligus memungkinkan berbagai macam pengaturan untuk kursi depan dan belakang

Wajah Baru yang Merevolusi Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

IONIQ 5 memiliki tampilan yang progresif dan merepresentasikan kendaraan futuristik sesuai dengan gaya hidup yang praktis namun tetap mewah. Tampilan IONIQ 5 secara keseluruhan membangkitkan kembali desain berani yang dipersembahkan Hyundai Pony, mobil Hyundai pertama di dunia yang dilahirkan pada tahun 1974. Hal itu tentunya menjadi gambaran realita dari filosofi ‘Sensuous Sportiness’ pada desain mobil-mobil Hyundai, yang fokus pada aura dan impresi tampilan yang berbeda dan kuat, disertai nilai emosional dan antusiasme. Ketajaman karakter IONIQ 5 sudah terlihat dari sisi depan kendaraan yang dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps*** dan Front Center Garnish Hidden LEDs***. Selain itu, kap mesin tipe clamshell membuat IONIQ 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

Di sisi belakang, IONIQ 5 menampilkan ciri khasnya sebagai kendaraan berdesain modern dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps* disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis. Di sisi samping, gagang pintu IONIQ 5 menggunakan tipe Flush Door Handles* yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci. Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe

Signature. Desain dinamis yang menonjol juga ditunjukkan lewat konsep Parametric Dynamics, yaitu sebuah desain garis yang seakan membuat pintu baris pertama menyatu dengan pintu baris kedua.

Desain parametrik juga ditonjolkan pada velg alloy berdiameter 20 inci****, menjadikannya mobil listrik Hyundai dengan dimensi roda terbesar dan unik. Arsitektur E-GMP yang disematkan pada IONIQ 5 juga membuat model ini memiliki wheelbase paling panjang dibandingkan lini produk EV dan SUV dari Hyundai yang menjadi pendahulunya di Indonesia.

Mendukung Keberlanjutan, Konsep Fundamental di balik IONIQ 5

IONIQ 5 merupakan mobil listrik murni pertama Hyundai yang mendefinisikan kembali tampilan dan sensasi mobilitas dengan konsep berkelanjutan. Mobil listrik mid-size ini menawarkan pengalaman ramah lingkungan yang terdepan dengan mengaplikasikan beberapa material ramah lingkungan pada bagian interiornya. Konsep ini akan memberikan pengalaman terbaik serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

Interior IONIQ 5 yang multi fungsi dan nyaman adalah hasil dari desain yang terinspirasi dari pengalaman masa lalu dalam menciptakan sesuatu yang baru untuk masa depan. Bahan unik yang digunakan pada IONIQ 5 adalah material jok yang terbuat dari botol PET daur ulang. Untuk setiap IONIQ 5, setidaknya ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik. Serpihan itu kemudian dicairkan dan dipintal menjadi benang yang membuat kain pelapis anyaman yang menarik namun tetap nyaman.

Detail pada pintu IONIQ 5 terbuat dari 100% kertas HDPE yang dapat didaur ulang, kertas ini memiliki tekstur ringan yang sama dengan kertas tradisional Korea. Pintu serta bantalan benturan atau crash pad dari IONIQ 5 dicat dengan cat berbahan alami mengandung minyak yang diekstrak

dari tanaman seperti bunga lobak dan jagung. Tak hanya itu, cover kursi IONIQ 5 menggunakan kain campuran wol yang ramah lingkungan.

Interior dengan Ruang Luas untuk Fleksibilitas yang Maksimal

Kehadiran platform khusus BEV, yaitu E-GMP, juga telah mendukung realisasi tema ‘Living Space’ pada IONIQ 5. Interior IONIQ 5 menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dan belum pernah ada sebelumnya, di mana konsol tengah dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, kursi depan yang dapat disesuaikan dan direbahkan sepenuhnya, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

Saat melihat ke sisi atas, keleluasaan dan keterbukaan ruang kabin IONIQ 5 akan semakin terasa dengan adanya Vision Roof***, yaitu panel kaca besar yang memberikan pemandangan luas ke langit untuk penumpang di baris depan hingga baris belakang.

Setiap kursi pada IONIQ 5 memiliki beragam fitur yang sesuai dengan kriteria kebutuhan masing-masing penumpang dalam memperoleh kenyamanan yang maksimal, seperti kursi pengemudi yang dilengkapi dengan power adjustable*, lumbar support*, memory function***, height adjuster*, serta fungsi pendingin dan pemanas kursi***. Serangkaian fitur untuk mendukung kenyamanan pengemudi tersebut juga disematkan pada kursi penumpang baris depan pada IONIQ 5 tipe tertentu. Rasa nyaman dan kemewahan terbaik untuk kursi di baris depan juga semakin terasa berkat adanya fitur Premium Relaxation Seat***, yaitu fitur yang akan menyesuaikan posisi bantalan kursi, sudut sandaran kursi, dan penyangga kaki, ke pengaturan relaksasi yang optimal. Nuansa kemewahan saat bersantai juga semakin terasa karena IONIQ 5 memiliki LED ambient mood lighting* dan BOSE Premium Sound System dengan 8 speakers***.

Sedangkan untuk kebutuhan infotainment dan konektivitas lain yang juga dimiliki oleh IONIQ 5 adalah 12.3- inch Full TFT LCD Touch Audio Display* yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan kabel USB melalui USB multimedia port yang tersedia. Saat dibutuhkan untuk mengecas smartphone, IONIQ 5 memiliki beberapa titik dan tipe pengecasan, yaitu terdiri dari wireless smartphone charging system*** yang terletak di konsol tengah, dua power outlet 12V* yang terletak di konsol depan dan area bagasi, serta USB power outlets* yang tersebar di empat titik di area baris depan hingga baris kedua.

Stay Connected

Model Terpopuler

CRETA DP 20jtaan
8 Type
Dilihat: 2031x
STARGAZER Makassar DP 5%
13 Type
Dilihat: 1915x

Slide Model

Jejak Pengunjung

121410
Visit Today : 30
Visit Yesterday : 656
This Month : 13256
This Year : 89188
Who's Online : 6